Monday 14 November 2016

Museum Tosan Aji


Hi sahabat blogger .....? Setelah kemarin membahas tentang potensi unggulan purworejo di bidang ternak sekarang saya ingin membahas potensi lainya yang ada di purworejo yaitu tentang Peninggalan Sejarah di Kota Purworejo yaitu berupa " Museum Tosan Aji".  Mari kita bahas bersama- sama. 

Yang perlu sahabat blogger tau bahwa Museum ini berbeda dengan museum Ronggowarsito di Semarang maupun museum lainnya. Karena di musium Tosan Aji ini dipamerkan khusus tosan aji atau barang pusaka. Mulai dari pembuatan awal di beselen sampai pada jenis-jenis pusaka yang ada dan pernah dibuat di Indonesia.

Sejarah Singkat Museum Tosan Aji

Museum Tosan Aji Purworejo diprakarsai pendiriannya oleh Menteri Dalam Negeri Bpk. Soepardjo Rustam. Sedangkan peresmian Museum Tosan Aji Purworejo oleh Gubernur KDH Tingkat 1 Jawa Tengah Bpk. Ismail pada tanggal 13 April 1987. Lokasi Museum pada waktu itu terletak di Pendopo Kawedanan Kutoarjo. Pada tanggal 10 Juni 2001 oleh Pemerintahan Kabupaten Purworejo, koleksi Museum Tosan Aji Purworejo dipindah dari Kutoarjo ke Kota Purworejo. Dengan tujuan menempati bangunan bekas Pengadilan Negeri pada jaman Belanda yaitu di Jln. Mayjend Sutoyo no 10 atau di sebelah selatan Alun-Alun Purworejo sebagai upaya mewujudkan lokasi wisata terpadu meliputi beberapa bangunan bersejarah seperti Masjid Agung Darul Mutaqin di sebelah barat alun-alun dengan Bedug Pendowonya terbesar di Indonesia mungkin di dunia, Pendopo Kabupaten Purworejo di sebelah utara alun-alun, Gereja GPIB di sebelah timur dan sebelah selatan bangunan kantor Setda Purworejo dan Museum.








Selain anda bisa berwisata ke  Museum Tosan Aji anda juga bisa menambah ilmu pengetahuan anda karena Museum Tosan Aji bersifat edukatif dengan menyajikan koleksi dan informasi yang banyak dibutuhkan untuk pendidikan sejarah serta sebagai tempat tujuan wisata yang menyenangkan dan bernilai tinggi.



Jika sabahat Blogger ingin mengunjungi Museum Tosan Aji,  Tinggal Langsung aja deh datang ke alamat lengkap dibawah ini:
 
Lokasi Museum
Jalan Mayjend. Sutoyo No.10, Purworejo
Telp. 0275-321033



Transportasi
Jarak tempuh dari Terminal Bus : 4 Km

Jadwal KunjungSenin s/d Kamis : 08.00 - 14.00 WIB
Jum'at : 08.00 - 11.00 WIB
Sabtu : 08.00 - 12.30 WIB
Minggu dan Hari Besar tutup 

Harga Karcis
Dewasa : Rp 500,-
Anak-anak : Rp 300,-
Fasilitas
Luas Tanah / Luas Bangunan : 3.000 m2 / 900 m2
- Ruang Laboratorium/Konservasi
- Ruang Penyimpanan Koleksi
- Ruang Administrasi
- Kantin/Cafetaria
- Toilet


Organisasi
Jumlah Pegawai 5 orang
- Kurator : 1 orang
- Konservator : 2 orang
- Tenaga Fungsional : 1 orang
- Keamanan : 1 orang

Sumber : Pemda Purworejo

Cukup sekian dulu ya, semoga postingan saya bermanfaat :)


Bagikan

Jangan lewatkan

Museum Tosan Aji
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.